Inilah Dampaknya Jika Lingkungan Sosial Mengabaikan Penyandang Disabilitas

Apakah Anda memilki anggota keluarga yang merupakan penyandang disabilitas? Bagaimana perasaan Anda jika saudara Anda dikucilkan, dianggap remeh oleh lingkungan sosialnya? Sebagai anggota keluarga, Anda pasti menginginkan yang terbaik, bahkan jika saudara Anda adalah penyandang disabilitas. Setiap orang ingin dilahirkan atau menjalani hidup tanpa kekurangan apapun, termasuk bagi penyandang disabilitas. Namun perjalanan hidup adalah misteri, tidak ada yang meminta untuk menjadi bagian difabel.

Lingkungan sosial masih sering memandang remeh terhadap kaum difabel. Mereka sering dianggap sebagai orang yang tidak bisa melakukan apa-apa dan perlu dikasihani. Padahal jika mendapat pengembangan keterampilan, penyandang disabilitas tidak akan kalah dengan orang-orang normal. Maka dari itu, dukungan sosial bagi kaum difabel sangatlah penting. Berikut ini efek penyandang sosial jika dianggap remeh oleh lingkungan sosialnya :

– Penurunan motivasi
Penyandang difabel akan merasa tidak didukung. Mereka akan mengembangkan pikiran bahwa orang normal hanya ingin menjalin komunikasi dengan sesamanya saja. Hal ini akan menurunkan motivasi bagi penyandang disabilitas. Mereka akan merasa terbuang dan tidak dibutuhkan. Jika dukungan sosial semakin minim, penurunan motivasi ini mampu menurunkan harapan hidup hingga berakhir bunuh diri.

– Menjadi pribadi pemurung
Ketika seseorang diabaikan oleh lingkungan sosialnya, entah itu dianggap remeh atau dianggap tidak mampu, penurunan motivasi akan berkembang menjadi penurunan kadar sosialisasi. Penyandang disabilitas akan minder untuk berkomunikasi dengan orang normal yang hidup di lingkungannya. Apalagi jika keluarganya sendiri yang menganggap remeh, bahkan merasa malu. Penyandang disabilitas akan mengurung diri, sehingga potensi yang dimilikinya tidak akan tampak.

– Depresi dan gangguan psikologis
Diabaikan sangatlah tidak menyenangkan. Bagi orang normal saja, diabaikan dapat membuat stres dan depresi. Begitu pula dengan penyandang disabilitas. Apalagi mereka yang mengalami kecelakaan dan harus cacat permanen seumur hidup. Depresi dan gangguan psikologis sangat rentan bagi penyandang disabilitas. Jika terus-terusan diabaikan lingkungan, mereka mudah mengalami gangguan psikologis.

Itulah dampak jika penyandang disabilitas diabaikan oleh lingkungan sosialnya. Jangan sampai hal ini terjadi pada rekan atau keluarga Anda. Sebagai keluarga dan tetangga, sebaiknya memberi semangat atau lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *